Pabrik Maklon Herbal Almanar Herbafit

Pengertian Asam urat

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan ari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warnaperkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 h kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Hal Yang Perlu Dihindari

Makanan yang mengandung banyak purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh dan membuat kita rentan untuk terserang gejala penyakit asam urat. Contoh-contoh makanan yang banyak mengandung purin adalah jeroan (jantung, hati, ginjal, dan otak), makanan laut (kerang-kerangan, kepiting, dan udang), daging merah, makanan yang mengandung ragi, dan ikan yang banyak mengandung minyak (sarden, makarel, dan ikan teri).

Selain itu, kadar asam urat juga bisa meningkat apabila kita terlalu banyak mengonsumsi camilan manis, minuman manis, dan minuman beralkohol. Jenis minuman beralkohol yang paling berisiko memicu serangan penyakit asam urat adalah bir, wiski, dan vodka.

Pola Hidup Sehat Yang Aman Dari Asam Urat

Minum air putih secukupnya setiap hari, jangan sampai kurang. Karena dengan kita mengkonsumsi air putih yang cukup (6-8 gelas perhari), dapat membantu memperlancarkan pembuangan asam urat melalui air seni. Atau konsumsi air 6-8 gelas perhari itu bisa ditingkatkan kalau kita melakukan aktifitas olah raga secara rutin.

Selain itu lakukan olahraga secara teratur, makanan yang sehat, dan kita bisa mengkonsumsi tanaman obat asli Indonesia yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar asam urat.

Tanaman obat untuk asam urat

Tanaman obat indonesia yang  secara empiris telah terbukti  bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar asam urat sangatlah banyak diantaranya adalah :

  1. Daun salam
  2. Daun seledri
  3. Daun sidaguri
  4. Sambiloto
  5. Dll

Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus salah satu dari tanaman obat diatas, dengan menggunakan satu jumput (3-9 gram kering) dari tanaman tersebut, kemudian kita rebus dengan 3 gelas air. Kemudian kita didihkan sampai airnya tinggal separuhnya kemudian bagi menjadi 2 dosis untuk diminum pagi dan sore.

 

Sumber :

http://www.alodokter.com/rematik-asam-urat dan berbagai sumber yang lain

Leave a Reply